Wednesday, May 11, 2011

Tips menghindari Bad Mood di tempat kerja



Pernahkah kita mengalami perasaan bad mood atau tidak bersemangat ditempat kerja ? pagi-pagi kita pergi kerja tetapi dengan bad mood? Memang manusia merupakan makhluk yang istimewa, yang memiliki perasaan yang kompleks. Antara satu orang dengan orang yang lain, boleh mengalami perasaan yang berbeza. Adakalanya perasaan semangat, senang, bahagia tetapi ada juga perasaan sedih, bosan, tidak bersemangat atau jenuh. Ketika dalam mood sedih, bosan atau tidak semangat, tubuh kita juga ikut reaksi, badan terasa lemas, mengantuk, tak selesa dan akhirnya aktiviti kita pun terganggu. 


Memang ketika bad moodmelanda pada diri kita, memaksa kerja pun akan didapat hasil yang kurang memuaskan. Dan bagaimana mengatasi hal itu? sebagai makhluk sosial, kita susah untuk menghindari hal-hal tersebut tetapi kita boleh mencuba mengatasi hal itu, yaitu:

1. Kenali dan fahami penyebab
Bad mood  disebabkan berbagai macam sebab dan dengan mengetahui penyebabnya, kita akan mudah untuk mengatasinya. Jika kita bad mood ketika melihat meja atau ruang kerja yang berselerak, atau menginggat beban kerja yang berat atau hutang yang menimbun. Nah mungkin anda boleh merapikan meja atau ruang kerja anda terlebih dahulu atau membagi beban kerja agar terasa ringan. Buat lah kerja mengikut kemampuan dahulu, jangan berat mulut untuk meminta pertolongan dari rakan2 lain jika ingin kn pertolongan.

2. Atur prioritas
Seperti pada tulisan lainnya, sebaiknya kita selalu mempunyai ‘planning’/rencana dan selalu tentukan prioritas. Kerjakan aktifitasi yang paling penting dan cukup mempengaruhi tugas-tugas kita selanjutnya.

3. Disiplin
Setiap aktifitasi atau tugas yang akan kita lakukan, selalu tentukan deadline. Meskipun perusahaan atau client kita juga telah menentukan deadline tetapi sebaiknya kita juga mempunyai deadline tersendiri yang tentunya tidak saling ‘bertabrakan’ antara deadline kita dengan deadline dari perusahaan/client. Hal dapat memberi semangat kerja kita untuk menyelesaikan tugas dan menghindari terjadinya bad mood ketika pekerjaan semakin menambah.

4. Letakkan foto orang-orang yang kita cintai
Seringkali ketika kita melihat orang yang kita cintai, perasaan sedih, tidak semangat akan berbalik menjadi senang atau semangat. Hal ini boleh kita gunakan dengan meletakkan foto-nya di tempat yang mudah kita lihat, misal meletakkan foto keluarga di meja, foto anak, atau makwe/pakwe and :D
Memang hal ini terlihat sangat personal tetapi hal ini dapat memberi semangat.

5. Hindari Penyebabnya
Hal ini berkaitan dengan point pertama, ketika kita mengenali penyebab bad mood. Sebaiknya kita menghindari hal-hal yang menjadi penyebab, alangkah baiknya penyebab itu dapat kita selesaikan sebelum melarat.
Itulah beberapa tips mengatasi perasaan bad mood, tapi yang perlu diingat bahwa waktu akan terus berjalan tanpa dihentikan, dengan perasaan bad mood atau tidak, yang paling penting sentiasa la tenangkan diri dan berfikiran positif.. ;)




                                  “hari ini lebih baik dari semalam“.

 -f-buzz..

No comments:

Post a Comment